Mengenal Sistem Penghijauan Hidroponik

Sistem Penghijauan Hidroponik



    Jakarta termasuk wilayah yang padat penduduk. Masyarakat yang tinggal di daerah padat penduduk tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam. Namun, saat ini sudah berkembang teknik menanam tanaman yang tidak memerlukan media tanah yang luas. Sistem ini dinamakan sistem hidroponik. Hidroponik adalah sistem budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, tetapi lebih mengutamakan pemanfaatkan air.

    Penghijauan menggunakan sistem hidroponik dapat menghemat penggunaan lahan. Hal ini karena sistem hidroponik tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Tanaman hidroponik biasanya ditanam menggunakan pipa paralon atau wadah yang sudah dialiri air tersebut mengandung zat-zat yang dibutuhkan tanaman.

    Tidak semua tanaman dapat ditanam menggunakan sistem hidroponik. Tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik biasanya tanaman sayuran dan buah-buahan. Tanaman tersebut antara lain selada, cabai, bayam, kangkung, mentimun, tomat, semangka, dan stroberi.

    Keunggulan cara tanam dengan menggunakan sistem hidroponik adalah hemat tempat karena tidak memerlukan lahan yang luas. Selain itu, tanaman juga dapat tumbuh dengan cepat dan hasilnya lebih banyak karena zat-zat yang dibutuhkan tanaman dapat diserap langsung. Cara memanen atau memetik hasilnya pun lebih mudah. Menanam menggunakan sistem hidroponik sangat menyenangkan. Kamu dapat menghias halaman sekolah dan halaman rumahmu dengan tanaman hidroponik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Upacara Adat Nginjek Tanah

Legenda Telaga Warna

Sejarah Gambang Kromong dan Nilai Luhur Yang Terdapat Di Dalamnya