Sejarah Gambang Kromong dan Nilai Luhur Yang Terdapat Di Dalamnya

 MENGENAL MUSIK GAMBANG KROMONG


https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.tribunnewswiki.com%2F2019%2F07%2F10%2Fgambang-kromong&psig=AOvVaw0CPf8Q37vakcoHTG0grzHZ&ust=1603884318310000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKDLzOrU1OwCFQAAAAAdAAAAABAD

Gambang Kromong merupakan musik yang diambil dari nama alat musik gambang dan kromong. Gambang Kromong merupakan musik pencampuran antara musik Indonesia dan Tiongkok. Alat musik khas Indonesia terdapat pada gambang kromong, yaitu gendang, kempul, gong, kecrek, dan ningnong. Sementara itu, alat musik Tiongkok, yaitu tehyan,  kongahyan, dan sukong.     

Pada mulanya, Gambang Kromong merupakan kesenian yang hanya dimainkan oleh orang Tioghoa. Lambat laun musik Gambang Kromong pun diserap oleh masyarakat Betawi dan disesuaikan dengan kondisi musik Nusantara. Kini, kesenian Gambang Kromong menjadi salah satu kesenian khas masyarakat Betawi.

Musik Gambang Kromong dimainkan oleh sekolompok orang. Oleh karena itu, musik Gambang Kromong disebut dengan orkes. Instrumen Gambang Kromong dimainkan oleh lima hingga delapan orang. Penyanyi Gambang Kromong, yaitu laki-laki dan perempuan. Mereka akan saling bersahutan saat bernyanyi. Pada umumnya, lagu yang dibawakan bertema humor, gembira, atau sindiran.

Pemain Gambang Kromong mengenakan pakaian khas Betawi, yaitu baju lengan panjang dengan kerah berdiri, celana panjang, dan kopiah. Selain itu, pemain musik Gambang Kromong juga mengalungkan sarung di lehernya, penyanyi perempuannya mengenakan kebaya khas Betawi.


Nilai luhur yang terdapat pada kesenian Gambang Kromong antara lain sebagai berikut.

1.         Akulturasi

          Gambang kromong merupakan perpanduan musik Tioghoa dan Betawi. Sikap masyarakat yang mau menerima kebudayaan asing dan disatukan dengan budaya setempat dapat menghasilkan kesenian baru yang harmonis.

 

2.         Kerja sama

             Para pemain Gambang Kromong harus saling bekerja sama dalam menciptakan nada dan suara yang harmonis. Jika para pemain tidak bekerja sama, nada yang dihasilkanakan sumbang. Kerja sama juga membuat pertunjukan tidak mengalami hambatan

 

3.         Kekeluargaan

    Musik Gambang Kromong merupakan gabungan dari dua unsur budaya yang berbeda.Akan tetapi, perbedaan itu dapat menyatukan dua budaya. Oleh karena itu,Gambang Kromong mengajarkan bahwa perbedaan tidak menjadi halangan untuk membentuk rasa kekeluargaan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Upacara Adat Nginjek Tanah

Legenda Telaga Warna