Sirih Kuning

MENGENAL LAGU "SIRIH KUNING"


    Masyarakat betawi memiliki berbagai kesenian dan lagu khas daerah. Salah satu lagu khas daerah Betawi yang cukup terkenal adala lagu “Sirih Kuning”. Lagu “Sirih Kuning” berirama riang gembira. Tujuan dari lagu “Sirih Kuning” untuk hiburan dan pergaulan. Pada zama dahulu, biasanya lagu “Sirih Kuning” dimainkan dengan diiringi orkes gambang kromong.

    Lagu “Sirih Kuning” adalah lagu tentang anak muda. Seperti lagu-lagu Betawi pada umumnya, lirik lagu “Sirih Kuning” berupa pantun. Dalam bahasa Melayu, sirih kuning adalah ungkapan yang berarti gadis belia yang cantik jelita. Dengan demikian, makna dari  lagu “Sirih Kuning” adalah tentang negeri yang subur, indah, dan elok yang kaya dengan keberagaman tetapi hidup harmonis, yaitu negeri Indonesia.

    
Biasanya lagu “Sirih Kuning” dimainkan pada acara-acara adat masyarakat Betawi. Misalnya, pada pertunjukan lenong Betawi, samrah, atau gambang kromong. Lagu “Sirih Kuning” juga digunakan untuk mengiringi tarian bernama sama. Yaitu tari Sirih Kuning. Tari Sirih Kuning ditampilkan pada upacara adat Betawi. Tari Sirih Kuning biasanya ditampilkan untuk mengiringi rangkaian proses
  penyerahan Sirih Dare oleh pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan. Selain itu, tari Sirih Kuning juga ditampilkan untuk menyambut tamu ataupun hiburan untuk merayakan sesuatu. Tari tersebut dapat dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Upacara Adat Nginjek Tanah

Legenda Telaga Warna

Sejarah Gambang Kromong dan Nilai Luhur Yang Terdapat Di Dalamnya